Jumat, 15 Februari 2013

PEMANFAATAN BISNIS HASIL DAUR ULANG SAMPAH ANORGANIK


Pengertian sampah anorganik


Sampah Anorganik berasal dari sumber daya alam tidak dapat diperbarui seperti mineral dan minyak bumi, atau dari proses industri. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastik dan aluminium. Sebagian zat anorganik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedang sebagian lainnya hanya dapat diuraikan melalui proses yang cukup lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol kaca, botol plastik, tas plastik, dan kaleng. Kertas, koran, dan karton merupakan pengecualian. Berdasarkan asalnya, kertas koran, dan karton termasuk sampah organik. Tetapi karena kertas, koran, dan karton dapat didaur ulang seperti sampah anorganik lain (misalnya gelas, kaleng, dan plastik), maka dimasukkan ke dalam kelompok sampah anorganik.
                                                                                                      
Daur ulang sampah  anorganik

Tas-tas dibuat dari sampah plastik produk-produk rumah tangga yang mungkin tak pernah diduga bisa memberikan nilai ekonomi. Bungkus-bungkus deterjen, kopi instan, mie instan, pewangi pakaian, makanan ringan, bahan makanan, dan pembungkus-pembungkus lainnya dijadikan tas-tas unik yang bisa digunakan untuk beraktivitas.

Dari segi desain, tas-tas yang dipamerkan bisa dikatakan tidak ketinggalan jaman, masih up to date sekaligus lain dari yang lain. Dari mulai tas jinjing, tas kepit, tas kosmetik, sampai tas anak. 

Dan tidak hanya tas, limbah plastik dari kaleng atau plastik bekas bisa disulap menjadi hiasan unik seperti anyaman plastik dari kaleng atau pot bunga plastik, lampu hias plastik, tempat alat tulis plastik yang praktis, dan anyaman limbah plastik dari kaleng atau botol lainnya.

Bungus-bungkus tersebut dibersihkan lalu digabung-gabungkan untuk dipola sesuai dengan model tas yang akan dibuat. Setelah itu langsung dijahit dengan mesin jahit biasa. Sebagai motif hiasannya digunakan juga kain untuk bahan tas yang warnanya disesuaikan dengan bungkus-bungkus plastik. Tas-tas tersebut tak hanya penggabungan dari bungkus-bungkus yang berbentuk persegi tapi ada pula tas yang dianyam dari bungkus mie instan.
 
Awalnya daur ulang ini hanya menggabung-gabungkan dari bahan yang tersedia. Tapi lama kelamaan mulai mereka-reka desain dan mempadupadankan warna-warnanya sehingga bisa dihasilkan barang-barang daur ulang yang menarik.

Harga setiap tas bervariasi, dari mulai Rp 25 ribu sampai Rp 75 ribu, ada juga yang sampai Rp 100 ribu. Dan harga hiasan limbah plastik selain tas juga ekonomis harganya mulai dari Rp 1000,- sampai dengan berkisar Rp 50 ribu.Tinggal memesan dan berkunjung di email saya .Tak perlu ragu untuk memakai tas-tas unik ini. Musuhnya hanya dua yaitu gunting dan api.

TAS ANYAMAN DARI LIMBAH PLASTIK






DOMPET ANYAMAN DARI LIMBAH PLASTIK





TAS ANYAMAN DARI LIMBAH PLASTIK



TEMPAT ALAT TULIS DARI KALENG PLASTIK BEKAS





TAS ANYAMAN DARI LIMBAH PLASTIK DAN KERTAS



LAMPU HIAS DARI LIMBAH PLASTIK KALENG ATAU BOTOL


TANAMAN HIAS DARI LIMBAH PLASTIK DAN KERTAS





LAMPU HIAS DARI BOTOL ATAU KALENG PLASTK BEKAS







silahkan berkunjung ke email saya jika ingin melihat hasil karya daur ulang yang lain di http://putrigisca@yahoo.co.id atau tinggalkan pesan di komentar blog saya jika anda berminat membeli hasil karya daur ulang limbah plastik ini . 

TERIMA KASIH :)




4 komentar:

  1. menarik sekali, kreatif..
    jadi pengen belajar..
    heehehehehee

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Sampah Anorganik' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/596/1/Unlock-Teddy_doddy_59-69.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus

jika berminat membeli dan memesan hasil daur ulang ini, bisa mengirimkan email di yahoo : putrigisca@yahoo.co.id . terimakasih :)